Berita

Begini Kiat Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring Saat Libur Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 - 13:22
Begini Kiat Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring Saat Libur Lebaran Ilustrasi menjaga kesehatan mata di era digital. (Foto: Shutterstock)

TIMES KALSEL, MALANGLibur Lebaran kali ini diimbau pemerintah untuk tidak mudik dan memanfaatkan daring untuk silaturahmi. Namun, menatap layar daring berlama-lama bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata.

Maka dari itu, Dinkes Kabupaten Malang mengeluarkan kiat menjaga kesehatan mata di era daring seperti sekarang. Berikut kiat menjaga kesehatan mata di era daring seperti dilansir melalui Instagram Dinas Kesehatan.

menjaga kesehatan mata 2Kiat menjaga kesehatan mata pada saat daring. (Foto: Instagram Dinkes Kabupaten Malang)

Salah satu poin untuk menjaga kesehatan mata adalah menggunakan gawai maksimal dua jam dengan jarak minimal antara 40-50 centimeter. Tujuannya agar radiasi tidak merusak mata.

"Tentunya menggunakan daring ada aturannya supaya mata tetap sehat. Mata tidak boleh terus-menerus menatap layar dalam jangka waktu lama dan posisinya jangan terlalu dekat," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan bila terpaksa harus menggunakan gadget selama 20 jam terus menerus, maka bisa menerapkan rumus 20:20:20 untuk menjaga kesehatan mata.

"Karena pekerjaan, biasanya mengharuskan menatap layar lebih lama. Maka rumus 20:20:20 yakni setiap 20 menit menatap layar, istirahat selama 20 detik. Kemudian, pandanglah benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter," sebutnya.

Kemudian kata Arbani, bisa menggunakan metode relaksasi mata. Yakni dengan menggosok kedua tangan. Lalu letakan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan dipijat pelan-pelan.

"Ini namanya relaksasi dengan tujuan agar mata istirahat sejanak dan lebih nyaman," terang mantan Direktur RSUD Lawang tersebut.

Menurutnya, masyarakat bisa menggunakan metode di atas untuk menjaga kesehatan mata selama Libur Lebaran yang diimbau pemerintah untuk memanfaatkan daring. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalsel just now

Welcome to TIMES Kalsel

TIMES Kalsel is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.