Ekonomi

Hong Kong Tourism Board Luncurkan Standarisasi Protokol Kesehatan

Selasa, 13 Oktober 2020 - 23:22
Hong Kong Tourism Board Luncurkan Standarisasi Protokol Kesehatan ilustrasi - Logo stardarisasi protokol kesehatan HKQAA (FOTO: Hong Kong Tourism Board for TIMES Indonesia)

TIMES KALSEL, JAKARTA – Jakarta- Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19, Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board–HKTB), meluncurkan standarisasi protokol kesehatan dengan kemitraan bersama Hong Kong Quality Assurance Agency (HKQAA), Selasa (13/10/2020).

HKQAA adalah salah satu lembaga penilaian kualitas terkemuka di Hong Kong.

Protokol ini bertujuan untuk menyediakan seperangkat pedoman terpadu tentang langkah-langkah kebersihan, kesehatan dan anti epidemi untuk industri terkait pariwisata yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengunjung guna mempersiapkan Hong Kong yang lebih baik di dalam perjalanan ke depannya.

Dr. YK Pang, Ketua HKTB, mengatakan pandemi Covid-19 telah membawa keadaan new normal ke lanskap pariwisata. Di era baru ini, kesehatan serta keselamatan akan menjadi prioritas bagi pengunjung. Telah banyak biro perjalanan dan organisasi pariwisata internasional yang menerapkan pedoman kebersihan dan kesehatan, protokol anti epidemi, dan standarisasi protokol kebersihan di setiap sektor.

Hal tersebut dapat memberikan pesan kepada para turis bahwa berbagai sektor industri di Hong Kong sangat mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keselamatan.

"Setelah kami berkonsultasi pada mitra dagang HKTB, saya sangat senang karena lebih dari 1.800 lini bisnis dan outlet memberikan penilaian positif dan ketertarikan pada protokol yang kami luncurkan hari ini. HKTB akan memperkuat promosi pada langkah-langkah anti epidemi yang diambil oleh industri pariwisata dan sektor terkait untuk membangun citra pariwisata yang sehat dan aman, yang akan meningkatkan kepercayaan pengunjung dalam berkunjung ke Hong Kong,” katanya.

stardarisasi-protokol-kesehatan-HKQAA-2.jpg

Protokol tersebut akan mencakup pusat perbelanjaan, hotel, restoran, toko ritel, perusahaan bus, atraksi pariwisata, travel agent, dan banyak lagi. Bisnis dan outlet yang berpartisipasi diharuskan untuk mematuhi serangkaian tindakan kebersihan dan anti epidemi

Setelah lulus penilaian, detail bisnis dan outlet akan diunggah ke situs https://hkhygiene.hkqaa.org. Para pemilik bisnis dan outlet dapat menampilkan logo yang sudah disiapkan untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap protokol. Selanjutnya, HKQAA akan melakukan inspeksi secara mendadak, untuk memeriksa apakah mereka yang telah terdaftar sudah melalukan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

Ir C S Ho, Ketua HKQAA, mengatakan selama proses pembuatan standarisasi protokol kesehatan ini, HKQAA mengacu pada pedoman Pusat Perlindungan Kesehatan dari Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hong Kong.

"Kami bertujuan untuk memperluas implementasi dari praktek protokol kesehatan dan anti epidemi di seluruh sektor yang terkait pada pariwisata serta mendukung usaha para pebisnis untuk bersama-sama berjuang melawan pandemi ini secara profesional dan melakukan penilaian bersama pihak ketiga yang netral, yang akan sangat membantu untuk memulihkan kepercayaan publik pada perjalanan di luar rumah. Kemitraan bersama dengan HKTB ini merupakan kehormatan bagi kami, untuk terus meningkatkan standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan terbaru di seluruh industri untuk keadaan new normal saat ini,” ucapnya.

HKTB saat ini bekerja sama dengan Tim SAR dari Pemerintah Hong Kong dan industri pariwisata untuk lebih mempersiapkan Hong Kong yang lebih baik ke depannya, yang bertujuan untuk menyambut para pengunjung kembali dengan berbagai pengalaman dan penawaran menarik di Hong Kong.

Hong Kong telah menjadi yang terdepan dalam penerapan protokol kesehatan dan kebersihan semenjak merebaknya Covid-19, yang dimulai dari sektor publik, penduduk, dan para pelaku bisnis yang tidak pernah berhenti untuk terus menggiatkan jaga jarak, penggunaan masker, hand sanitizer dan pemeriksaan suhu tubuh. 

Setelah lolos dari penilaian awal standarisasi protokol kesehatan dari Hong Kong Tourism Board dan HKQAA, para pebisnis dan pemilik outlet bisa menggunakan logo HKQAA tersebut di unit usaha mereka. "Logo tersebut akan menunjukkan komitmen mereka untuk mematuhi protokol kesehatan, kebersihan dan anti epidemi," imbuh Ketua HKQAA. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalsel just now

Welcome to TIMES Kalsel

TIMES Kalsel is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.