Gaya Hidup

Wer Warat Ohoi Soinrat, Tradisi Menangkap Ikan Tradisional di Kei Besar Maluku Tenggara

Selasa, 10 November 2020 - 20:03
Wer Warat Ohoi Soinrat, Tradisi Menangkap Ikan Tradisional di Kei Besar Maluku Tenggara Infografis Festival Wer Warat di Desa Wisata Soinrat, Kei Besar Maluku Tenggara (FOTO: Pemkab Maluku Tenggara)

TIMES KALSEL, MALUKU TENGGARA – Pada Kamis, 12 November 2020 mendatang, masyarakat di Desa Wisata Soinrat Kecamatan Kei Besar akan menggelar tradisi warisan leluhur untuk menangkap ikan. Yakni tradisi Wer Warat atau tarik tali.

Wer Warat atau tarik tali adalah metode penangkapan ikan tradisional yang telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Kei. Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat Meti Kei/Met Ev di bulan Oktober sampai November. Pasang surut air laut menjadi poin pertimbangan penting.

Menangkap Ikan Tradisional 2Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun dengan hasil mancing ikan di Desa Wisata Soinrat Kecamatan Kei Besar, Maluku Tenggara (FOTO: Pemkab Maluku Tenggara)

Dengan memanfaatkan bentangan janur kuning yang dililitkan pada batang rotan sebagai tali, masyarakat akan bersama-sama menarik tali tersebut dari arah laut menuju ke tepian pantai.

Penggunaan janur kuning bertujuan untuk menarik perhatian ikan dan memudahkan menghalau ikan dalam jumlah banyak. Ikan yang di halau akan masuk ke wadah penampungan yang dibuat dari bambu atau yang dikenal dengan nama “Sero”. Hasil tangkapan akan dibagi ke semua orang yang hadir saat itu.

Menangkap Ikan Tradisional 3Ilustrasi nelayan Desa Wisata Soinrat, Kei Besar Maluku Tenggara sedang menyiapkan Wer Warat (FOTO: Pemkab Maluku Tenggara)

Masyarakat di Ohoi Soinrat sendiri telah mempersiapakn Wer Warat ini selama kurang lebih 3 minggu. Semua material yang digunakan pun merupakan bahan alami yang diperoleh dari hutan. Mulai dari rotan, kayu penyangga, bambu, tali hutan, dan lain-lain.

Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun yang didirencanakan akan hadir pada pelaksanaan Wer Warat ini mengatakan Wer Warat adalah keajaiban yang ada di Kei.

Menangkap Ikan Tradisional 4

"Bagaimana masyarakat menangkap ikan dengan daun kelapa dan tali, tetapi bisa mendapat ikan yang cukup banyak,” kata Hanubun.

"Ini semua karena bantuan dari Tuhan dan leluhur untuk menyejahterahkan masyarakat Kei," imbuhnya.

Sebagai salah satu Desa Wisata di Maluku Tenggara, pelaksanaan Wer Warat diharapkan dapat menjadi ajang promosi potensi wisata yang dimiliki. Lokasi pelaksanaan Wer Warat akan dipusatkan di Pulau Karodi. Pulau kecil yang eksotik ini berlokasi tepat di depan Ohoi Soinrat.

Menangkap Ikan Tradisional 5

Selain pulau Karodi, Desa Wisata Soinrat juga memiliki Air Terjun yang indah dan wisata budaya yang dapat dieksplor wisatawan saat berkunjung ke sini.

Bupati Maluku Tenggara mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tradisi warisan leluhur Wer Warat ini. “Datang dan ramaikan nanti di Ohoi Soinrat Kei Besar, fenomena tersebut,” ujar Bupati. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kalsel just now

Welcome to TIMES Kalsel

TIMES Kalsel is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.